Beranda | Artikel
Bab Keutamaan Doa - Bagian ke-3 - Bab 250 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. Abdur Razzaq bin Abdil Muhsin A
Senin, 7 April 2014

Bersama Pemateri :
Syaikh `Abdurrazzaq bin `Abdil Muhsin Al-Badr

Ceramah agama tentang kajian kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Firanda Andirja, M.A.

NB: Mohon maaf, Tidak ada sesi tanya-jawab pada saat kajian ini berlangsung.

[sc:status-riyadhush-shalihin-syaikh-abdur-razzaq-abdul-muhsin-2013]

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Kitab Doa-doa (كتَاب الدَعَوات)

Bab ke-250: Bab Keutamaan Doa (باب فضل الدعاء) – Bagian ke-3

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam seringkali berdoa:

اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وإلَيْكَ أنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وإلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنتَ المُقَدِّمُ، وأَنْتَ المُؤَخِّرُ، لا إلهَ إِلاَّ أنْتَ

“Ya Allah, kepadaMu aku berserah diri, kepadaMu aku beriman, kepadaMu pula aku bertawakal, kepadaMu aku kembali, dan kerenaMu aku melawan (musuh-musuhMu), kepadaMu aku menyerahkan keputusanku. Maka ampunilah untukku dosa yang telah lalu dan yang mendatang, yang aku sembunyikan dan yang aku tampakkan, Engkaulah yang memajukan dan Engkau pula yang mengundurkan. Tiada ilah yang berhak disembah selain Engkau.”
Sebagian perawi menambahkan:

وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باللهِ. متفق عَلَيْهِ

“Tiada daya dan upaya kecuali degan pertolongan Allah.” (Muttafaqun ‘Alaihi)
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berdoa dengan kalimat-kalimat ini, yaitu:

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ النَّارِ، وَعَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ شَرِّ الغِنَى وَالفَقْرِ. رواه أَبُو داود والترمذي

“Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari fitnah api neraka, dari siksa api neraka, serta dari kejelekkan kekayaan dan kemiskinan.” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Dari Ziyad bin ‘Ilaqah, dari pamannya, yaitu Quthbah bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengucapkan:

اللَّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأخْلاَقِ، وَالأعْمَالِ، والأهْواءِ. رواه الترمذي

Simak kajian selengkapnya dengan mendownload ceramah agama ini yang merupakan pembahasan dari kitab Riyadhush Sholihin, Bab Keutamaan Doa (Bagian ke-3) oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Bab 250 – Bab Keutamaan Doa (Bagian ke-3)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/5585-bab-keutamaan-doa-bagian-ke-3-bab-250-kitab-riyadhush-shalihin-syaikh-prof-dr-abdur-razzaq-bin-abdil-muhsin-al-badr/